Tanda Tangan Elektronik untuk Semua Orang

Jangan menggunakan kertas. Selesaikan pekerjaan Anda lebih cepat dan mudah dengan sistem tanda tangan elektronik yang mengikat secara hukum.

Tanda tangan memiliki beberapa fungsi penting bagi kita semua, seperti membuktikan identitas, melindungi keutuhan surat atau dokumen, melakukan pembetulan surat atau dokumen sebagai bukti persetujuan perubahan dan keperluan verifikasi lainnya.

Inilah sebabnya mengapa Tanda Tangan Digital mendapatkan popularitas di kalangan profesional karena kemampuan mereka untuk memverifikasi keaslian dokumen, file, dan perangkat lunak.

Seperti namanya, tanda tangan digital adalah jenis tanda tangan. Tanda tangan ini melibatkan penggunaan pin atau algoritma matematika untuk menandatangani dan mengotentikasi file, dan perangkat lunak. Dengan cara ini Anda dapat menghemat waktu dan uang. Sama seperti tulisan tangan, tanda tangan elektronik juga unik untuk setiap penandatangan. Ketika penandatangan menandatangani dokumen secara digital maka tanda tangan dibuat dengan menggunakan kunci pribadi penandatangan, yang selalu disimpan dengan aman oleh penandatangan.

Namun, tidak semua tanda tangan digital memiliki kekuatan perlindungan yang sama. 

 

Keunggulan Digital Signature

Fitur keamanan yang tertanam dalam tanda tangan digital memastikan bahwa dokumen tidak diubah dan tanda tangan itu sah. Fitur dan metode keamanan yang digunakan dalam tanda tangan digital meliputi :

PIN, sandi, dan kode

Ketiga hal ini digunakan untuk mengotentikasi dan memverifikasi identitas penerima dan menyetujui tanda tangan mereka. Email, nama pengguna dan kata sandi adalah yang paling umum.

Cap waktu (time stamping)

Time stamping berguna ketika waktu tanda tangan digital sangat dibutuhkan untuk diketahui, misalnya pada perdagangan saham, penerbitan tiket lotere dan proses hukum.

Kriptografi asimetris

Menggunakan algoritma kunci publik yang mencakup enkripsi / otentikasi kunci privat dan publik.

Checksum

Rangkaian panjang huruf dan angka yang mewakili jumlah digit yang benar dalam sebuah data digital. Digunakan untuk perbandingan dalam mendeteksi kesalahan atau perubahan. Checksum bertindak juga sebagai sidik jari data.

Cyclic Redundancy Checking (CRC)

Kode pendeteksi kesalahan dan fitur verifikasi yang digunakan dalam jaringan digital dan perangkat penyimpanan untuk mendeteksi perubahan pada data mentah.

Validasi otoritas sertifikat atau Certificate authority (CA)

CA mengeluarkan tanda tangan digital dan bertindak sebagai pihak ketiga terpercaya dengan menerima, mengotentikasi, menerbitkan, dan memelihara sertifikat digital. Penggunaan CA membantu menghindari pembuatan sertifikat digital palsu.

Peran Penting Tanda Tangan Digital

Selain untuk menandatangani dokumen secara digital, tanda tangan digital juga digunakan untuk transaksi keuangan, penyedia layanan pesan dan distribusi perangkat lunak, suatu kegiatan dimana keaslian dan integritas komunikasi digital sangat penting. Teknologi standar industri akan menjamin keaslian dan integritas data tanda tangan digital. Untuk membuat tanda tangan digital, perangkat lunak tanda tangan, seperti program email akan membuat hash satu arah dari data elektronik yang akan ditandatangani. Setiap perubahan data, bahkan perubahan satu karakter, akan menghasilkan nilai yang berbeda. Atribut ini memungkinkan orang lain untuk memverifikasi integritas data menggunakan kunci publik penandatangan untuk mendekripsi nilai hash. Jika hash yang didekripsi cocok dengan hash yang dihitung kedua dari data yang sama, itu membuktikan bahwa data tidak berubah sejak tanda tangan.

Distribusikan dokumen digital Anda dengan aman

EnkripaSign (Secure Digital Signing System) adalah platform untuk mendistribusikan dokumen digital Anda (PDF) dengan aman. Dokumen tersebut akan ditandatangani secara digital oleh pengguna yang diverifikasi, tanpa memerlukan instalasi perangkat keras atau perangkat lunak apa pun. Anda hanya membutuhkan browser web modern untuk membuka dan menandatangani dokumen.

Dokumen dapat diunggah secara manual atau dihubungkan ke sistem back office Anda seperti Sistem Manajemen Dokumen / DMS (seperti Sharepoint) atau Perencanaan Sumber Daya Perusahaan / ERP (seperti SAP atau Dynamics) ke EnkripaSign menggunakan RestAPI. Dengan menghubungkan sistem back office Anda ke EnkripaSign, Anda akan dapat mengotomatiskan dan mempercepat banyak proses tentang papan tanda dokumen.

Segera transformasi teknologi dan digital Anda, sekarang!